Saturday 18 November 2017

TIPS INDUKAN LOVEBIRD TIDAK MAU KAWIN





Bagi para peternak lovebird mempunyai indukan lovebird yang tak kunjung mau kawin adalah persoalan yang bikin kepala pusing. Dikarenakan perkawinan lovebird inilah yang paling ditunggu-tunggu agar indukan lovebird betina segera bertelur. Kalau sudah bertelur apalagi sudah menetas berarti angan-angan segera mendapatkan income banyak sudah didepan mata.. hehehe… inilah cita-cita yang paling dinanti oleh peternak lovebird. Tetapi meskipun LB ini jenis burung yang sangat mudah dipelihara terkadang untuk mengawinkan burung yang satu ini tidaklah mudah. Ada banyak factor dan alasan serta berbagai pengalaman yang mendasari mau tidaknya LB ini kawin. Sebenarnya burung lovebird adalah burung yang sangat mudah dikembangbiakkan, saking mudahnya bahkan kita bisa mengembang biakkan burung ini dikandang yang sifatnya koloni. Dengan mengisi beberapa ekor lovebird jantan dan betina serta memasang glodok sebagai tempat membangun sarang maka burung ini akan mencari pasangannya sendiri. Dengan syarat usia lovebird sudah memasuki usia kawin yaitu sekitar umur 7 – 8 bulan.

Persoalannya adalah ketika peternak hendak mengawinkan atau menjodohkan lovebird di kandang yang sifatnya battery yaitu kandang yang hanya diisi oleh sepasang indukan lovebird. Hal ini dilakukan karena pemilik lovebird menginginkan punya keturunan yang unggul dan berkualitas sehingga ingin mengawinkan lovebird jantan dan betina yang sudah mempunyai reputasi juara. Mau tidak mau ketika kita ingin menjodohkan lovebird warna A dengan lovebird warna B untuk menghasilkan varian warna yang berbeda dan cantik maka yang dilakukan adalah menempatkan sepasang lovebird tersebut dikandang battery bukan kandang koloni.

Kemungkinan yang terjadi adalah lovebird jantan sudah mengawini betinanya namun telur yang dihasilkan tidak kunjung menetas atau infertile (gabuk), dan kemungkinan yang lain kedua pasangan lovebird ini sudah kelihatan berjodoh tetapi tidak ada proses perkawinan disana.

Pasangan lovebird yang tidak mau kawin meski sudah berjodoh tentu ada beberapa factor yang mempengaruhi hal tersebut :

§         Terkadang kita tertipu dengan perilaku pasangan lovebird ini, kita sudah berfikiran bahwa lovebird yang selalu berdekatan sudah kita anggap berjodoh padahal sejatinya belum. Dikarenakan sebenarnya lovebird jantan dan betina ini belum akur sepenuhnya yang disebabkan dari salah satunya ada yang bersifat sangat agresif (bisa dari jantan atau sebaliknya)
§         Kita ketahui bersama bahwa sebelum proses perkawinan terjadi biasanya ritual yang sering dilakukan burung jantan adalah selalu melolohkan makanan ke betina. Ini menandakan proses perkawinan segera tiba. Ketika burung jantan belum melolohkan makanan kepada yang betina maka proses perkawinan belum akan terjadi.
§         Disaat burung betina selalu merapikan sarangnya tapi saat itu pula sang jantan selalu merusak sarang yang sudah dirapikan oleh burung betina maka proses perkwinan tak akan terjadi
§         Perkawinan belum terjadi dimungkinkan dari salah satu atau keduanya belum mencapai umur dewasa sehingga akibatnya tidak mau mengawini ataupun dikawini
§         Disebabkan karena salah satunya sakit, kurang birahi atau memiliki cacat tubuh tentunya proses perkawinan tak akan terjadi
§         Kita jangan terjebak dengan perilaku lovebird yang sangat akur pada pasangannya seakan sudah berjodoh. Tak jarang lovebird tersebut saling melolohkan makanan dan seakan-akan menjadi pasangan normal padahal sejati mereka mempunyai jenis kelamin yang sama (jantan dengan jantan) (betina dengan betina) ini juga bisa terjadi pada burung yang satu ini.

Setelah kita mengetahui penyebab permasalahannya maka kita bisa menentukan tindakan yang tepat agar pasangan lovebird tersebut bisa terjadi perkawinan. Diantaranya adalah kita bisa melakukan :

§         Yang pertama adalah kita harus memastikan bahwa LB kita sudah cukup umur dan siap bereproduksi. Meskipun umur 7 – 8 bulan adalah umur lovebird yang sudah bisa dikawinkan tetapi alangkah baiknya kita menyiapkan lovebird yang berumur 9 bulan agar organ reproduksinya sudah benar-benar matang dan siap kawin.
§         Disaat memberikan makan, maka berilah makanan yang bervariasi dan bergizi tinggi seperti millet, canary seed, kwaci, gabah merah dan lain sebagainya.
§         Berilah makanan tambahan (EF) untuk merangsang birahi sang induk. Kita bisa mencoba memberi jagung muda, kangkung, potongan buah apel yang kita konsumsikan 2 – 3 kali dalam seminggu.
§         Kita juga bisa memberikan suplemen khusus yang bisa meningkatkan birahi
§         Yang perlu kita perhatikan, apabila kita menjodohkan lovebird dikandang battery maka gelodok jangan dimasukkan terlebih dahulu. Kita amati saja, apabila pasangan lovebird tersebut sudah saling melolohkan makanan maka proses perkawinan akan segera tiba. Maka untuk merangsang agar pasangan lovebird ini segera kawin maka barulah masukkan gelodok kedalam sangkar.
§         Jangan lupa selalu bersihkan kandang setiap hari. Kebersihan kandang harus terjaga untuk menghindari lovebird dari serangan penyakit yang mengakibatkan proses perkawinan bisa terganggu
§         Untuk merangsang agar lovebird tersebut segera kawin dan bertelur bisa kita pancing dengan mendekatkan kepada pasangan lovebird yang sudah kawin dan bertelur.


Mungkin cara diatas bisa kita coba untuk mengatasi permasalahan lovebird yang kelihatannya sudah berjodoh tapi tidak segera mau kawin apalagi bertelur. Demikian sedikit ulasan saya semoga memberi manfaat bagi kita semua. Aamiin….

1 comment: