Monday 20 November 2017

TIPS MELOLOH ANAKAN LOVEBIRD


TIPS DAN CARA MELOLOH ANAK LOVEBIRD YANG BARU MENETAS


Apabila kita mempunyai tangkaran atau peternakan burung terutama burung lovebird ada kalanya apabila burung tersebut sudah menetas maka kita kemudian ingin merawat anakannya sendiri tanpa menggantungkan perawatan dari indukan. Nah, dalam kasus ini kita harus memahami cara memberi makan / atau meloloh burung yang masih bayi tersebut. Hal ini kita harapkan agar indukan yang baru menetaskan anaknya tadi supaya segera cepat berproduksi kembali. Disamping itu agar anakan lovebird yang akan kita rawat sendiri lebih semakin jinak dengan kita. Dalam bahasa kerennya agar kita dan anak lovebird tersebut lebih punya chemistry. Hehehe…

Meloloh anakan lovebird yang baru menetas bukan perkara yang gampang. Tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada aturan yang harus kita ketahui supaya kita bisa memberikan asupan makanan yang tepat pada anakan lovebird. Umur anakan lovebird yang akan kita sapih juga mempunyai pengaruh tersendiri bagi kita yang baru pertama kali belajar meloloh anakan lovebird. Ada baiknya ketika kita mau melolohkan sendiri pakan pada lovebird anakan yakni pada usia 10 hari baru kita sapih. Hal ini untuk memudahkan kita melolohkan pakan dan mengurangi resiko pada anakan tersebut.

CARA MELOLOH ANAKAN LOVEBIRD

Yang harus kita persiapkan dan yang kita lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Anda siapkan bubur pakan lovebird
  2. Siapkan spet atau suntikan serta siapkan juga selang yang halus atau alat khusus meloloh yang nantinya kita pasang di spetan / suntikan.
  3. Persiapkan racikan pakan untuk meloloh. Kalau lovebird kita baru berusia 0 – 7 hari maka pakan racikan yang kita buat harus lebih encer, kalau sudah memasuki usia 7 hari keatas makan pakan racikan agak lebih kental. Makanan anakan lovebird pada usia 0 – 1 hari bisa menggunakan pakan starter yang banyak dijual di toko-toko burung. Kalau kita ingin meracik pakan sendiripun juga bisa kita lakukan. Caranya kita siapkan :
    • Milet, telur, apel, padi dan cangkang telur serta minyak zaitun. Campur bahan-bahan tadi kemudian selanjutnya kita blender sampai hasilnya sangat halus sekali seperti susu bubuk. Setelah itu kita jemur sampai kering lalu kita simpan ditempat yang rapat dan kering.
  4. pada usia 0 – 5 hari kita harus meloloh pakan pada anakan lovebird sebanyak 3 – 4 jam sehari dengan dosis yang sedikit. Jika sudah memasuki usia 10 hari keatas bisa dilakukan 3 – 4 dalam sehari
  5. anakan lovebird yang kita loloh tadi harus kita tempatkan didalam box yang diberi lampu pijar dengan suhu 30 – 39 derajat Celsius. Jika anakan lovebird tadi sudah besar maka turunkan suhunya sampai jika sudah dimungkinkan lepas lampu. Yang harus kita pastikan bahwa suhu tetap hangat supaya anakan lovebird tidak kedinginan.
  6. Anakan Lovebird yang sudah memasuki usia 3 – 4 mingguan biasanya sudah mulai latihan menggigit. Dan pada usia 1 bulanan lebih biasanya anakan lovebird sudah mulai makan sendiri.


Demikian sedikit cara bagaimana meloloh anakan lovebird yang baru menetas dari indukan. Kuncinya adalah kesabaran dan lakukan cara cara diatas dengan benar dan tepat. Semoga bermanfaat. Aamiin….

No comments:

Post a Comment