Friday 17 November 2017

TIPS DAUN KEMANGI TURUNKAN BIRAHI LOVEBIRD





siapa yang tidak mengenal daun kemangi. daun yang biasanya digunakan dan dimakan sebagai lalapan ini ternyata juga bisa digunakan mengatasi atau menurunkan birahi burung lovebird. mungkin cara ini bagi pecinta burung lovebird sudah banyak yang mengetahui tapi apa salahnya saya menyampaikan sedikit tips ini untuk pecinta burung lovebird yang belum mengetahui cara pembuatan dan pemberian daun kemangi pada burung lovebird anda.

sebelum membahas cara membuat minuman daun kemangi untuk lovebird yang over birahi, alangkah baiknya mengetahui penyebab burung lovebird anda mengalami over birahi. apakah dikarenakan pemberian EF yang berlebih atau memang benar-benar burung lovebird anda sudah ingin dikawinkan. jika penyebab Over Birahi burung LB anda disebabkan karena afek pemberian doping atau EF berlebih, maka hentikan pemberian doping tersebut dan berilah minuman dari daun kemangi ini. tapi jika memang burung LB anda Over Birahi dikarenakan memang ingin kawin maka solusinya adalah segera carikan pasangan buat burung anda. sebelumnya kita harus mengetahui ciri LB yang sedang over birahi diantaranya adalah :

1. Burung anda sering menggesek gesek pangkringannya sendiri
2. Sering membuka sayapnya sambil nungging atau dikenal dengan sebutan "mbebeki"
3. Burung anda sering merayap pada jeruji jeruji sangkar
4. Lovebird sangat sering naik turun tangkringan
5. Kebiasaan sering dibawah sangkar
6. Sangat emosional atau galak. ini seperti manusia apabila tidak tersalurkan birahinya juga galak lho.... awas hati-hati.... hehehehe....
7. Mencabuti bulu bulu disekitar dada.

diatas adalah ciri-ciri Lovebird anda yang mengalami overbirahi.


CARA MEMBERIKAN DAUN KEMANGI BUAT BURUNG LOVEBIRD ANDA :

kita siapkan wadah yang biasanya kita buat untuk minum Lovebird kita. kemudian masukkan 7 lembar daun kemangi kedalam wadah minuman Lovebird tersebut. tuangkan air panas sampai daun kemangi tersebut benar-benar terendam. tunggu sampai air panas tadi menjadi dingin. kemudian setelah dingin berikan minuman tersebut pada lovebird anda sebagai ramuan penurun birahi. Ingat daun kemangi tidak perlu direbus, cukup tuangkan dan rendam daun kemangi tersebut dengan air panas.

Sambil kita selalu analisa lovebird anda, apabila birahi lovebird anda sudah turun dan benar-benar stabil maka segera hentikan ramuan minuman daun kemangi tersebut dan jangan diteruskan. segera setting ulang burung lovebird anda untuk dilombakan. untuk menghindari burung lovebird anda mengalami overbirahi kembali sebaiknya berikan milet putih saja sebagai pakan harian. untuk pemberian EF berupa jagung muda atau kangkung dapat anda berikan seminggu sekali saja.

Demikian sedikit Tips Daun kemangi untuk menurunkan Lovebird yang mengalami overbirahi. semoga bermanfaat.

1 comment: