Thursday 16 November 2017

TIPS MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA








Tidak sedikit bagi pecinta burung lovebird yang masih kesulitan membedakan jenis kelamin apakah jantan atau betina. sehingga banyak pecinta burung lovebird yang tertipu saat membedakan jenis kelamin tersebut. ada sedikit tips yang akan kami jelaskan disini siapa tahu dengan tips tersebut pecinta burung lovebird bisa menggunakannya untuk meminimalisir kesalahan disaat membeli.  untuk burung lovebird menentukan jenis kelamin banyak sekali patokan patokannya diantaranya yaitu : 


  • LIHATLAH DARI CIRI FISIK BURUNG LOVEBIRD
salah satu ciri lovebird betina adalah mempunyai fisik yang lebih besar dan bobot yang lebih berat dari burung jantan. tatapi ini bukan merupakan ciri yang mutlak dikarenakan dipengaruhi oleh seberapa sering kita memberi makan pada burung tersebut. artinya ini bukan merupakan ciri yang mutlak. artinya burung jantan dan betina akan menjadi kurus kalau kita tidak memberikan perawatan dan makan yang benar. dan menjadi sangat sulit kita dalam menentukan jenis kelaminnya.
  • LIHATLAH CARA BERTENGGERNYA
melihat cara bertengger bisa menjadi patokan dalam menentukan jenis kelamin burung lovebird. apabila cara bertengger burung lovebird itu kaki-kakinya melebar atau berjauhan kemungkinan besar burung tersebut berjenis kelamin betina, sebaliknya apabila kaki burung lovebird bertengger dengan posisi kaki merapat atau berdekatan dimungkinkan jenis kelaminnya adalah jantan. hal ini dikarenakan tulang pubis Lovebird betina agak lebar atau berjauhan sementara lovebird jantan tulang pubisnya rapat atau meruncing.
  • MELIHAT WARNA BULU
salah satu ciri untuk menentukan jenis kelamin lovebird adalah dengan cara melihat warna bulunya. apabila warna bulunya sangat terang kemungkinan besar berjenis kelamin jantan. dikarenakan lovebird betina cenderung mempunyai warna bulu yang agak gelap. tetapi ciri ini tidak selamanya benar dikarenakan warna bulu burung lovebird banyak dipengaruhi oleh faktor makanan, iklim dan tempat.
  • MELIHAT BENTUK EKOR
bentuk ekor burung lovebird antara yang jenis kelamin jantan dan betina mempunyai perbedaan. tidak dapat menentukan ciri jenis kelamin burung tersebut. lovebird berjenis kelamin jantan mempunyai bentuk ekor yang mengerucut  atau lebih lancip dari betina. sedangkan bentuk ekor betina lebih melebar dan rata.
  • CARA MEMBANGUN SARANG
ini juga bisa menjadi patokan dalam menentukan jenis kelamin burung lovebird. lovebird betina akan lebih aktif membangun sarangnya. biasanya yang membawa ranting kayu ke sarangnya adalah lovebird betina, sedangkan yang jantan hanya menggigit kayu kemudian yang membawanya ke sarangnya adalah yang betina
  • DENGAN CARA MERABA TULANG PUBIS (SUPIT URANG)
Lovebird memiliki dua tulang pubis pada bagian pinggulnya. Pada musim berkembang biak, tulang pubis betina akan menjadi lebih elastis dan jarak antara kedua tulang pubis tersebut akan melebar karena pengaruh hormon. Keadaan tersebut dapat kita rasakan dengan melakukan perabaan oleh tangan. Pada lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis tersebut menyempit.

Demikian sedit tips menentukan jenis kelamin Burung Lovebird mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment