Thursday 16 November 2017

CARA MENGATASI LOVEBIRD OVER BIRAHI






memiliki lovebird yang sehat dan mempunyai suara atau ngekek yang panjang adalah hal yang sangat menyenangkan dan menjadi idaman bagi setiap pecinta burung yang satu ini. burung ini masih banyak penggemarnya dan sudah banyak dikembang biakkan karena memang tidak sulit mengembang biakkan burung yang satu ini. saking banyaknya penggemar burung yang satu ini, disetiap event perlombaan pasti terdapat kelas burung lovebird.

diantara kita mungkin banyak yang mengalami perubahan perilaku burung lovebird yang tidak seperti biasanya. biasanya burung kesayangan kita sering gacor atau ngekek tiba-tiba mengalami perubahan perilaku. burung kita tiba-tiba tidak mau ngekek dan selalu mencabuti bulu-bulunya atau dalam bahasa jawa disebut "NGORAK" yakni bulunya mengalami kerontokan. ditambah perilaku burung lovebird yang sering mengawini tangkringannya sendiri dan berubah menjadi sangat agresif. tetapi itu hal yang wajar terjadi karena disebabkan burung lovebird tersebut mengalami Over Birahi atau OB. OB juga sering terjadi pada burung yang lainnya dikarenakan ini merupakan siklus yang alami.

tentunya untuk mengatasi LB yang mengalami OB ada sedikit cara untuk mengatasinya dan mudah-mudahan cara ini bisa bermanfaat bagi pecinta burung LB.

hal yang mendasar yang harus kita perhatikan adalah dari segi makanan. disaat LB mengalami OB maka kita harus menghindarkan dari makanan jenis Kangkung, Kwaci dan Jagung Muda untuk sementara waktu. karena makanan tersebut mempunyai pengaruh sangat sangat besar terhadap terjadinya OB. setelah kita menghindarkan dari makanan tersebut maka yang harus kita lakukan adalah perawatan rutin terhadap Lovebird yang kita sayangi, diantara perawatan yang patut kita coba adalah sebagai berikut :


  • Apabila cuaca tidak mendung atau hujan sebisa mungkin disaat pagi hari kita mandikan burung LB kita.
  • Setelah kita mandikan kita lepas LB kita di sangkar umbaran atau sangkar yang mempunyai ukuran besar biar lovebird lebih leluasa untuk bergerak.
  • sambil kita menjemur LB tersebut kurang lebih satu jam (ini dilakukan disaat LB masih dikandang umbaran)
  • setelah cukup melakukan penjemuran lalu kita pindahkan LB ke sangkar harian
  • Untuk sementara berilah makan milet putih dan jangan diberi makanan jagung, kwaci atau kangkung untuk menghindarkan LB mengalami OB
  • disaat sore hari kita mandikan LB kita, kemudian setelah itu angin-anginkan sebentar lalu masukkan ke sangkar harian sambil dikerodong sampai esuk hari.
Lakukan cara tersebut secara rutin dan mudah-mudahan cara tersebut dapat membantu bagi pecinta burung Lovebird yang mengalami Over Birahi atau OB. semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment