Thursday 23 November 2017

TIPS MEMBENTUK LOVEBIRD JUARA

TIPS MEMBENTUK LOVEBIRD MENJADI JUARA




Akhir-akhir penggemar burung di Indonesia semangkin meningkat tak terkecuali burung Lovebird. Burung yang satu ini masih mempunyai harga pasar yang stabil sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali dari kita yang mencoba menangkar / menernak burung ini. Disamping harga yang relative stabil burung lovebird juga dibilang mudah dalam perawatannya. Biaya perawatan dan makananpun dibilang murah meriah.

Meskipun burung ini mempunyai perawatan yang relative murah, tetapi tak sedikit dari kita yang banyak menghabiskan uang guna merawat burung ini dengan baik. Bagi para pemelihara yang tidak selalu mengikutkan burungnya dalam event perlombaan atau hanya sekedar merawat burung ini mungkin tidak seberapa biaya yang akan dikeluarkan. Lain lagi kalau kita menginginkan burung LB kita menjadi jawara pasti akan berusaha memberikan yang terbaik dalam perawatan burung LB kita sehinga tidak heran apabila kita menginginkan juara maka kita berusaha membeli indukan yang berkelas dan sudah mempunyai reputasi juara, tentu tidak dibutuhkan biaya yang sedikit butuh ongkos yang mahal.

Tetapi bagi kita yang tidak mempunyai banyak uang untuk membeli indukan atau anakan lovebird yang punya reputasi juara tidak usah berkecil hati. Disini kita akan belajar bagaimana menjadikan burung LB menjadi Lovebird yang juara. Pengalaman ini disampaikan oleh pakar seperti Pak Beny Luwes. Pak Beny Luwes adalah pakar burung terutama burung lovebird. Beliau sangat berpengalaman dalam mencetak lovebird menjadi juara.


  1. Pada pagi hari mandikan Burung Lovebird dengan semprotan seperti biasanya. Jangan lupa buka kerodongnya ya…….
  2. Persiapkan dan beri lovebird makanan yang berkualitas bagus
  3. Jika pertandingan kuran 2 hari, mandikan burung lovebird tersebut kemudian anda jemur burung lovebird tersebut untuk terakhir kalinya
  4. Makanan yang diberikan adalah jagung dan millet putih.
  5. Jika pertandingan kurang 1 hari, campurkan millet dengan kenari sheed
  6. pada waktu perlombaan maka berilah makan lovebird berupa 1 batang kangkung saja usahakan batang kangkung yang masih sangat segar
  7. ketika kita sudah datang ke tempat pertandingan, bukalah kerodong sedikit saja kemudian jemur sebentar dan angina-anginkan sebentar lalu kerodong kembali
  8. Hal yang perlu diingat ketika kita hendak menaikkan burung lovebird untuk dipertandingkan, usahakan ambil makanan dan minuman yang ada di sangkar.


Sedangkan menurut Egla TR untuk menjadikan burung lovebird juara tidak perlu burung yang mahal. Kita bisa melakukan sedikit treatment seperti dibawah ini :

Hal yang harus anda lakukan

  • Rajinlah mengembunkan burung Lovebird anda

Proses pengembunan ini anda lakukan 3 hari sebelum perlombaan dimulai yakni  sebelum matahari terbit, atau pada waktu subuh fungsinya adalah untuk mengurangi birahi. Proses pengembunan ini anda lakukan sampai jam 7 pagi. Setelah itu lakukan penyemprotan dengan semprotan yang halus, sampai burung terlihat basah kuyup, lalu jemur burung LB anda sekitar seperempat jam saja, burung kondisinya masih sedikit agak basah atau belum kering betul anda angin-anginkan sebentar kemudian masukkan kedalam sangkar, kerodong hingga malam dan pagi lagi. ulangi langkah seperti yang tadi.

1 comment: